Aromaterapi Lavender Tingkatkan Konsentrasi


image TAHUKAH Anda bila aromaterapi lavender dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar anak. Wewangian ini ternyata dapat mendorong kinerja kognitif seseorang, seperti dikatakab peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Barii Hafidh Pramono.
Terapi menggunakan minyak atsiri bunga lavender dapat memengaruhi suasana hati menjadi tenang, meningkatkan kewaspadaan, kemampuan berkonsentrasi, bahkan menurunkan kecemasan seseorang.
Aromaterapi lavender mampu meningkatkan aktivitas gelombang alfa yang merupakan penanda seseorang dalam keadaan tenang, dapat merangsang otak, dan membangun konsentrasi.
"Teknik penerapan aromaterapi dapat dilakukan pada proses belajar baik di rumah maupun sekolah. Hal itu dilakukan agar dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan menurunkan kecemasan siswa ketika menghadapi ujian nasional," kata Barii.
Ia mencontohkan, aplikasi aromaterapi lavender dapat dilakukan dengan meletakkan empat pot bunga lavender di setiap sudut kelas maupun lingkungan rumah atau kamar siswa.
Terapi juga bisa dilakukan dengan teknik penguapan juga sistem pengharum ruangan yang saat ini sedang tren digunakan, yaitu pengharum ruangan otomatis yang bisa ditempatkan di ruangan.
"Bau-bauan tersebut akan ditangkap syaraf pembau diteruskan syaraf pusat kemudian timbul perasaan tenang sehingga siswa dapat belajar dengan tenang dan lebih berkonsentrasi," jelasnya.
Nah, setelah tahu manfaatnya, Anda tentu segera ingin menerapkannya bukan? Selamat Mencoba!

Komentar